Thursday, June 8, 2017

ALL ABOARD THE HYPE TRAIN: Far Cry 5

Last supper reference much?
Dammit, Mo. 

Game Ubisoft lagi?! 

Not only that lo adalah seorang otaku sekarang, tapi lo udah jadi fanboy Ubisoft juga? 

'Mangnya gak ada developer lain yang lebih bagus? 

Pernah denger Rockstar, gak? 

Bethesda Softworks? 

VALVE? 

Mungkin cuman gue sendiri yang ngerasa ditanyain gituan kali, ya. 

Parno? 

Ah, kek gue punya penggemar sebanyak Bang Radit aja. 

Anyways, though-- 

Kenapa, kenapa, eknapa kenapa. 

Kenapa gue dapet hype buat sebuah game baru, dan anehnya, itu game Ubisoft. Lagi. Obviously gue bisa aja jauh lebih hype buat game yang fix lebih terpercaya dan lebih kece, kek Red Dead Redemption 2 yang juga bakal rilis tahun depan. 

Kenapa dua dari tiga post hype gue adalah buat game Ubisoft? 

Terpenting, 

Kenapa gue hyped up buat 

Far Cry 5

Suatu hari, buat postingan beginian gue keknya perlu lebih dari tiga alasan, dah. 

Sayang banget, karena keterbatasan kapasitas gue berpikir (dan faktor mood-mood-an juga), gue cuman kepikiran tiga alasan bagus. 

Buat sekarang, tiga dulu. 

Moga bisa diterima. 

The Fifth Time Phenomenon

Harus gue akuin, yang ini agak kurang wajar. Udah gitu, purely ini juga purely pendapat gue berdasarkan pengalaman dan pengamatan gue. Saking kurang wajarnya, gue bisa jamin gaming news outlet macam IGN dan Gamespot pasti lom pernah menelurkan teori teler ini. Hear me out, though-- saking anehnya, bisa aja jadi masuk akal. 

So. 

Berapa banyak game yang udah nyampe entry ke-5? 

Pas jaman-jaman PS1-PS2 dulu, gak banyak. 

Sekarang? 

Rasanya sebuah serial game gak bisa dibilang gede kalo dia belom punya main entry yang ke-5. 

Then again, ini pendapat gue. 

Buktinya ada aja tuh, game yang belom nyampe lima game dan udah bejibun aja fanbase-nya. Case in point: DotA. Lucunya lagi, DotA sebenernya gak punya game pertama, soalnya "game pertama" tersebut nyempil di dalam Warcraft III. BOOM! Warcraft nyampe entry ke-5 aja gak pernah, tapi dia udah dapet film sendiri. 

Relatif banget, sih, sebenernya.  

Alrighty, then. Gak harus nyampe game ke-5, tapi yang udah sukses nyampe game ke-5 itu BIASANYA franchise game gede, ya nggak sih? 

Pernah denger yang namanya Medal of Honor? Ato Hitman? 

Tu dua game bener-bener terkenal di jamannya mereka, dan fix banget mereka udah bisa ngelebihin 5 main game di portfolio mereka. Turns out, Medal of Honor udah dapet 14 game dengan dirilisnya Medal of Honor: Warfighter, sedangkan Hitman udah punya 8 game, dengan dirilisnya episode-episode game Hitman mulai 2016. Yep, Hitman sekarang adalah sinetron versi game.  

Gimana nasib mereka? 

Medal of Honor dipensiunkan (sementara) gara-gara Warfighter zonk total dari segi kritik maupun penjualan, sedangkan Hitman... actually, Hitman is still a thing. Season 2 dari Hitman lom keluar, tapi toh bisa aja masih dibikin dan diramu sama pihak developer

GODDAMMIT MO, INI KAPAN NGOMONGING FAR CRY 5-NYA?

Ada apa sih, dengan game ke-5? 

Beda-beda kasusnya. 

For some, batu loncatan. 

For others, batu sandungan. 

Kalo buat batu loncatan, contohnya kentara banget. 

Dua game tergede dekade ini. Keknya. 




The Elder Scrolls V: Skyrim dan Grand Theft Auto V. 


Kocak ya, di kedua judul ada satu karakter yang sama. 

V. 

Five. 

Lima. 

Tau sendiri kan, betapa epic-nya kedua game tersebut. 

Semua orang udah tau betapa segede, semendetail (is that even a word?), dan sedalem mampus kedua game tersebut, tapi sebenernya ada satu bit of information yang bikin mereka truly stand out from the rest

See, ada sebuah majalah gaming di Jepang. Famitsu namanya. 

Kebanyakan spotlight yang dikasih Famitsu adalah ke game-game buatan negeri tirai bambu sakura tersebut, kek Metal Gear Solid, The Legend of Zelda, dan Final Fantasy. Kebetulan juga, game-game dari ketiga franchise tersebut langganan rating sempurna dari mereka, 40/40. 

Sejauh ini, cuman ada dua game barat yang dapet rating sempurna dari mereka. 

Kebetulan, kedua game barat tersebut adalah dua game yang tadi gue sebutin. 

Side note: dia gak sepelit itu, soalnya ada game-game barat lain yang dapet rating HAMPIR sempurna dari mereka, misalnya GTA IV, Red Dead Redemption, dan Call of Duty: Black Ops. 

But yep, cuman mereka berdua aja yang pernah dapet nilai sempurna. 

Doesn't that mean something? 

Okelah kalo kedua franchise tersebut udah bagus sebelom nyampe game kelima, tapi game kelima ini yang bener-bener ngelempar reputasi mereka. Bikin mereka jadi bagian dari pop culture. Household name.  

Skyrim pun didaulat sebagai salah satu RPG terbaik sepanjang segala abad, bahkan setelah The Witcher 3 keluar. GTA V sukses mecahin TUJUH REKOR GUINESS sekali hajar, dan diliat dari harga dia yang gak turun-turun di GS Store, dia masih laku sampe sekarang. Umur kedua game ini pun rada absurd. Meskipun keduanya udah berusia lebih dari tiga tahun, omongan dan percakapan tentang kedua game ini pun masih lumayan rame. 

Dan dua-duanya game kelima. 

Gimana kalo batu sandungan? 

Dua game yang, meskipun sukses, bisa terbilang sebagai titik balik ke-zonk-an franchise mereka masing-masing. 





Metal Gear Solid V: The Phantom Pain & Resident Evil 5. 



Resident Evil 5 adalah pertama kalinya sebuah game Resident Evil mencong ke arah action. Meskipun gue bisa berargumen kalo Resident Evil 4 juga punya unsur action, horror dan atmosphere di game itu masih kuat. On the other hand, action di Resident Evil 5 lebih terkesan... Hollywood-ish. Unsur horror yang mencekam digeser oleh unsur thriller yang seru dan menegangkan. Gak mau protes sih, karena game tersebut masih bisa bikin jantung lo serasa hampir copot.  

Meskipun Resident Evil 5 gak ampas-ampas banget, adalah kejadian setelahnya yang agak nyesek. 

Resident Evil 6 keluar tiga tahun kemudian, dan bersamaan dengan itu keluar juga hawa-hawa gak enak. 

Grafiknya sih boleh bagus, tapi gue gak bisa bilang hal yang sama buat controls dan gameplay. Controls yang kurang nyaman lah, level design yang bikin puyeng lah, camera yang bisa bikin lo vertigo lah, bahkan sampe ke COVER DESIGN game-nya kena kritik dari kaum gamer maupun kaum kritik. Bisa dibilang, itu adalah game RE yang paling dibenci sama penggemarnya sendiri.  

Dan come to think about it, semuanya dimulai dari Resident Evil 5, yang dibumbui dengan action

Back it up a sec, though, kenapa MGS (Metal Gear Solid) V? 

Tu game bagus-bagus aja, kok. 

Lemme tell ya something, kasus MGS beda. 

Game-nya sih bagus, gue akuin. Sumpah. 

Let's just say, ini lebih ke masalah internal. 

Semua penggemar MGS pasti tau sama yang namanya Hideo Kojima. Gimana mau gak tau, literally nama dia adalah nama pertama yang muncul setiap kali lo mulai mainin game tersebut. Hell, gue yang gak pernah nyentuh satu MGS pun tau dengan nama tersebut. 

Bagi yang gak tau, Hideo Kojima adalah sutradara serial MGS. Bukan cuman MGS bahkan, tapi udah dari ketika game tersebut masih bernama Metal Gear, dan pas saat itu belom ada yang namanya PS1. Yep, dia udah mengepalai serial game ini ketika masih jaman-jamannya Game Boy. Bisa dibilang, dia ini adalah yang menemukan serial Metal Gear. 

Pas udah nyampe game kelima (si Phantom Pain ini), dia kena masalah sama Konami, pihak publisher buat game tersebut selaku pembuat game bola kesayangan kita semua, PES. 

Ujung-ujungnya, dia resign dari Konami. 

Yep, I shit you not, dia mundur dari perusahaan yang udah membesarkan namanya. Dengan mundurnya si Kojima dari Konami ini, otomatis serial Metal Gear Solid pun gak dipegang sama dia lagi. Serial game yang udah identik dengan dirinya. Ngebesarin namanya layaknya dia ngebesarin nama serial game tersebut. 

Tanpa masuk ke dalam detail, gambarannya adalah kek gini: Apple tanpa Steve Jobs. Facebook tanpa Mark Zuckerberg. Iron Man gak diperanin sama Robert Downey, Jr. Terparah, Wonder Woman gak diperanin sama Gal Gadot.  

Disaster I tell you

Begitulah contoh empat game raksasa yang udah nyampe game kelima. 

Mengutip Taylor Swift, 

it's gonna be forever 

or it's gonna go down in flames

Gue gak tau persis apa yang bakal terjadi dengan Far Cry 5, tapi gue tau satu hal yang pasti: Far Cry 5 bakalan jadi bombastis. Ngagetin. BOOM adalah sound effect yang pas. Sori banget pernyataan yang satu ini gak berdasar, tapi I just knew it. Sesuatu yang gede bakal terjadi dengan Far Cry 5. 

Dia bisa aja bener-bener break through dan menjadi satu diantara jajaran game terbaik se-dekade kek Skyrim dan GTA V. Bikin serial Far Cry naik lagi ke radar para gamer. Stand out dari FPS yang lainnya. Bukti kalo Ubisoft bener-bener bisa bikin bagus setelah sederetan game medioker (yep, we'll get to that later).  

Itu, atau 

Far Cry 5 adalah permulaan dari turunnya serial Far Cry. Ngancurin reputasi bagus yang udah dibuat sama Far Cry 2 sama Far Cry 3. Ngilangin kepercayaan gamers terhadap Ubisoft sepenuhnya. Awal dari kejatuhan Ubisoft. 

Intinya, 

masterpiece atau mampus. 

Itulah Far Cry 5 entar. 

Gak ada tengah-tengahnya.  

It's (Almost) High Noon

Here comes the cliché-d one

Theme. 

Setting. 

Characters. 

All that. 

Awalnya gue denger FC5 mau ngambil setting wild wild west yang mana masih banyak koboi berkeliaran, bandit-bandit bersliweran, dan panas terik gak ketulungan. Sebuah era dimana kuda adalah mobil sekarang, pistol revolver adalah AK-47 sekarang, dan duel cepet-cepetan nembak adalah setara dengan pengadilan sekarang. 

Sound familiar

Sounds familiar alright, dengan sebuah game open-world buatan perusahaan tetangga, 

Rockstar.


Lebih tepatnya, Red Dead Redemption 2

Kocaknya lagi, tahun rilis keduanya pun sama, yaitu 2018. 

Rasanya ini pertama kalinya sejak entah kapan kedua perusahaan tersebut rilis di tahun yang sama. Mungkin gak bakal saingan berat banget gegara keduanya dirilis di bulan yang berbeda, but still

Persaingan pasti kentara ganasnya. Perbandingan size map lah, keaslian setting lah, cerita lah, belom lagi ke side quest dan tetek bengek lainnya. Grafis sih rasanya gak bakal dibandingin, mengingat Red Dead Redemption adalah game third-person shooter. Kecuali dia jadi hybrid kek, lagi-lagi, GTA V dan Skyrim. 

Mei 2017, Far Cry 5 bukan rumor lagi. 

Dia pun diumumkan. Posternya pun keluar saat itu juga. 

Gue liat pesawat. Gue liat rudal. Gue liat bendera stars and stripes Amerika yang udah modern. Gue tau ini benda-benda gak mungkin udah ada di jamannya para koboi. 

Gue lega. 

Gue denger banyak yang agak menyayangkan setting yang udah gak wild west kek yang dirumorkan, tapi justru gue gak masalah dengan setting yang baru sekarang. Malahan gue takut FC5 bakal jadi bulan-bulanan kalo setting-nya sama dengan jagoan open-world Red Dead Redemption 2. Penasaran sih iya, tapi bukan berarti gue bakal takut mati penasaran gara-gara setting-nya bukan perkoboian. 

But 

setting-nya masih western, sih. 

Western dalam artian secara geografis tempat berlangsungnya kegeblekan di Far Cry 5 terletak di bagian barat. Baratnya Amerika Serikat. Di daerah Hope County, Montana, lebih tepatnya. Dan yep, gue udah cek Google Maps. Jatohnya dia agak serong atas-kiri, sih. Montana-nya, bukan Hope County-nya. 

Ngapain sih, kita di sono? 

Bisa dibilang tiga Far Cry (gak termasuk Primal) sebelom yang satu ini bertemakan insanity alias kegilaan. FC2 bercerita tentang kegilaan dalam sebuah negara yang terpecah belah akibat perang saudara. FC3 bercerita tentang kesintingan dalam sebuah pulau dimana gak ada yang namanya aturan alias anarkis. FC4 bercerita tentang ke-gendeng-an dalam sebuah negara yang dipimpin oleh seorang diktator bertangan baja dingin.   

Far Cry 5 pun ngambil tema yang mirip.

Kali ini mereka bakal mengeksplor tema kegilaan lainnya. 

Agama. 

Wew, kedengerannya berat, ya? 

Yep, kita bakal ngelawan pemuka agama di Far Cry 5. 
keliatannya meyakinkan...

Versi simpelnya, di Hope County ini hadirlah sebuah aliran Kristen ekstremis radikalis apapunlah-yang-artinya-mirip-is yang memaksa warga untuk masuk ke aliran mereka. Saking ekstremnya, mereka pun gak segan-segan menyiksa, menculik, bahkan membunuh warga yang gak bersedia buat gabung ke mereka. 

Dan bagi yang nanya kenapa warga-warga ini gak manggil TNI AD tentara buat bantuin mereka, itu adalah karena, ehm, aliran ini udah memutus hubungan daerah tersebut dengan daerah-daerah lainnya. Kek diisolasi. 

Bilangnya sih mau bawa orang ke surga. Bilangnya sih mau nyelametin warga dari kiamat. 

Bilangnya. 

Fun fact: sempet ada petisi online biar si aliran sesat di game ini diubah agamanya jadi Muslim. Ah, orang-orang ini. 

Apa yang menurut gue menarik di game ini adalah, sekali lagi, setting-nya. 

Amerika, men. 

Yang mana kita sebagai warga asing sebelumnya selalu ngebantai orang lokal (dan ngelakuin genosida secara gak sadar), kali ini kita bakal ngebunuhin warga dari negara asal kita (si protagonis maksudnya) sendiri. At least kita gak bakal jadi pendatang negara lain brengsek yang dateng-dateng langsung ngebunuhin warga setempat. Gue salut sama Ubisoft yang berani ngejadiin orang Amerika sendiri jadi kubu antagonis di game ini. Antagonis tuh bisa datang dari negara sendiri, gak cuman dari Rusia, ato Mexico, ato Kuba, ato negara apapunlah yang pernah jadi musuh Amerika dulu. 

Tambah satu lagi, nih. 

Kita dapet yang namanya character customization

Bagi yang gak tau, ini nih yang ada di Skyrim, Dragon Age: Inquisition, termantep di The Sims. 

Yep, bikin karakter sendiri. 

Here's to hoping Ubisoft not screwing this up.   

Righting Past Wrongs

Ah, tadi gue bilang sesuatu tentang, ehm, "sederetan game medioker", ya? 

Gue bakal cerita tentang sebuah kisah yang (rada) sedih. 

Dan kisah ini dimulai pada tahun 2014. 

Alkisah, dari sekian banyaknya game,  Ubisoft akan merilis dua game pada tahun itu. 

Assassin's Creed Unity dan Watch Dogs.

Mengingat gue udah kasitau di awal kalo ini adalah kisah (rada) sedih, tentunya kelanjutan dari kisah ini bagi Ubisoft tidak berjalan mulus. 


........bah. 
Unity dapet sebuah kendala besar: bug. Yep, tau sendiri bug Unity yang terkenal karena udah bisa dikualifikasikan sebagai material film horror. Muka ilang tinggal mata sama gigi lah, ato orang kejungkel terus tubuhnya bengkok kemana-mana lah, bug di Unity bener-bener susah dilupain. Unity pun akhirnya terkenal bukan karena setting revolusi Prancis-nya, ato serunya main co-op, tapi ya bug-nya itu. 

Tambah lagi dengan masalah non-teknis lainnya, kek tokoh utama yang ngebosenin dan fakta bahwa meskipun berlatar di Prancis, gak ada tokoh berlogat Prancis di game tersebut. Yep, mereka semua berlogat British alias Inggris. 

Watch Dogs pun dapet kendala gede juga, meskipun gak bener-bener senasib sama Unity. 

Mungkin dia gak punya kendala teknis macam bugs dan glitches kek Unity, tapi reaksi kaum gamer terhadap keadaan Watch Dogs juga gak kalah miris. 

Supposedly, Watch Dogs punya tampilan grafis yang bener-bener main bowling mind blowing. Cahaya matahari yang bener-bener tajam, efek cuaca yang realistis, dan tampilan lingkungan yang memukau. Seenggaknya, itulah yang ditunjukkan di E3 2012. 

Gue aja sampe ngira GTA V punya pesaing kelas berat dalam si Watch Dogs ini, mengingat versi PS4 dan XONE dari game besutan Rockstar tersebut rilis pada tahun yang sama. Gue kira Watch Dogs bisa mengakhiri tirani GTA V pada tahun itu.

What happened? 

Watch Dogs 2 adalah game yang bagus dengan tampilan grafis yang lumayan pula. 

Lumayan. 


Ngehe? Ngehe. (credit to owner)
Gak ada deket-deketnya sama yang mereka tampilin di E3 dua tahun sebelumnya. 

Watch Dogs kena yang namanya downgrade grafis. Gak perlu liat kamus, sepasang kata tersebut berarti penurunan kualitas grafis yang signifikan terhadap game asli dari game yang digembor-gemborkan sebelumnya. 

Belom lagi game tersebut juga kena permasalahan dengan bug, meskipun gak separah Unity. Perihal konsep dan narasi dari game tersebut juga kena masalah gegara (lagi-lagi) tokoh utama yang gak karismatik. Bosenin malahan. 

Fun fact: Per 31 Desember 2014, Watch Dogs berhasil terjual sebanyak 10 juta kopi. Kocaknya, re-release GTA V (PS4 dan XONE) juga berhasil terjual sebanyak 10 juta kopi per Desember 2014. Ah, seenggaknya bisa menyamai sales dari lawannya, lah. 

Mulai dari sini, nih. 

Para customer udah mulai kehilangan kepercayaan sama Ubisoft. Grafik Watch Dogs yang bener-bener bagus mampus seakan-akan raib di game aslinya. Assassin's Creed Unity keganggu dengan bug horror yang merusak pengalaman bermain para gamer. Pertanyaan mereka saat itu: kok bisa, ya? 

Di tahun-tahun berikutnya, Ubisoft seakan-akan sengaja berusaha membangun reputasi sebagai perusahaan game yang membuat game asli lebih jelek dari game yang di-tease, mau di trailer atopun di E3. 

Assassin's Creed Syndicate ngerem jatohnya Ubisoft, tapi gak bisa bener-bener naikin pamor mereka. 

Rainbow Six Siege kehilangan mode single player dan, secara gak mengagetkan, kena masalah downgrade grafis.  

Far Cry Primal jadi game Far Cry pertama yang semacam dilupain sama kaum gamer, gegara map yang kurang lebih sama persis dengan Far Cry 4. Lom lagi mekanik game yang agak aneh dan kurang cocok sama tema prasejarah yang ditampilkan. 

The Division pun kena masalah downgrade grafis juga, ditambah dengan masalah kek open-world yang kurang kuat dan unsur MMORPG yang kurang diimplementasikan dengan baik. 

Watch Dogs 2 (yep, gak ada 3 tahun udah keluar aja sekuelnya si Watch Dogs) sejatinya gak kena masalah parah banget, bahkan downgrade pun juga gak sesadis kakaknya, tapi dia ini yang zonk. 

Thing is, meskipun Watch Dogs 2 adalah game yang jauh di atas prekuelnya (bahkan ada unsur-unsur Watch Dogs 2 yang dieksekusi lebih baik dari GTA V), game ini gak laku. Yep, saking gak percayanya gamers terhadap Ubisoft, mereka pun mager beli sebuah game yang mengandung unsur Watch Dogs di judulnya. Mau itu game bagus sekalipun. 

For Honor adalah game lain yang mampu ngerem jatohnya pamor Ubisoft, mungkin ngangkat dikit reputasi perusahaan game tersebut. Mau gitu juga, For Honor masih kena masalah kentara kek server bermasalah dan online play yang bisa rada gak seimbang. 

Ghost Recon Wildlands kena masalah narasi yang kurang tajem dan struktur game yang kurang repetitif. Solid sih, sebenernya.  

Bisa diliat, tingkat kepercayaan kaum gamer terhadap Ubisoft bisa disandingkan dengan tingkat kepercayaan warga Amerika terhadap Donald Trump sekarang. Btw, terakhir gue cek, approval rating Donald Trump adalah 38,6% untuk yang setuju. 

Mungkin Ubisoft bisa berkelit kalo orang bakal tetep beli game mereka mau kualitas game tersebut meningkat ato gak, tapi rasanya mereka udah kena batunya. 

Keliatan banget dari Watch Dogs 2 yang sejatinya game bagus bernasib gak laku. Jumlah pemain game tersebut juga jauh dari prekuelnya, baik pas game tersebut baru keluar sampe udah lewat setengah tahun kemudian. 

Come on, Ubisoft. 

Lo gak mau Far Cry senasib sama franchise Watch Dogs, kan? 


***
Then again, mau sekeren-kerennya alasan kenapa orang bisa hyped up terhadap game teranyar Ubisoft ini, inget: this is Ubisoft we're talking about. Kalo misalnya ada sebuah skill yang mereka bener-bener konsisten selama 2 tahun terakhir, itu adalah membangun hype

Semua game yang gue sebutin di atas? Yang kurang greget? 

Mereka semua punya hype yang gede. Gue pun kena "jebakan" dan ikut hyped up buat Assassin's Creed Syndicate (which is actually a good game). 

So, bisa aja hype terhadap Far Cry 5 adalah sebuah kesenangan semu yang sengaja dibangun oleh Ubisoft. 

Ah, tau apa sih gue. 

Jangankan jadi insider Ubisoft, kerja beneran aja belom. 

Mau gimanapun, Far Cry 5 tetep jadi salah satu game yang paling gue tunggu-tunggu tahun depan. 


Semoga gak PHP. Lagi. 

Oh, and one more thing

Semoga gue gak disuruh manjat-manjat menara radio lagi. 

Until the next post, bungs! :D





No comments:

Post a Comment

SEE YA LATER SPACE COWBOY: Sebuah Update (lagi).

Hey, you. You're finally awake! You're trying to find a new post on this blog, right? Then found nothing, just like the rest of us ...