Thursday, January 15, 2015

THIS IS NOT A REVIEW: Max Payne 3.

Sayangnya gue baru mulai main game itu tahun lalu (2014). Padahal game ini dirilis pada tahun 2012, berarti gue telat 2 tahun dong. Tapi gak pa-pa lah. Minimal bagus kok gamenya. Ya nggak, sih?!

Game ini dirilis oleh Rockstar Games (yang buat serial GTA terutama GTA San Andreas, game open-world sejagat Indonesia) dan dikembangkan oleh Rockstar Studios. Pujian terhadap game ini, sinting banget tingkatannya. Maklumlah, Rockstar merupakan salah satu game developer yang sangat mumpuni dan sangat baik dalam bidang mereka. Anggeplah seperti IGN me-rate game ini 9/10. Gamespot, yang menurut gue lebih tajem pendapatnya, ya sama juga, 9/10. Bahkan channel Youtube yang gue andalin dalam nge-review game, AngryJoeShow, memberikan rating 8/10. Padahal nusuk banget lo dia ngomongnya. 

Max Payne bukanlah Max Payne klo misalnya gak ada aksi-aksi slow motion dalam tembak-tembakan. Gue sendiri merasa skill Max Payne ini yang dia dapet dari ilmu-macam-apa-gue-gak-ngerti bener-bener ngebantu gue! Dalam slow motion (baca: gerakan dipelanin) gue bener-bener kebantu buat ngebunuh musuh! Paling efektif menurut gue adalah menggunakan slow motion trus langsung ngincer kepala musuhnya, biar gak banyak ngebuang skill dan peluru. Trus, ada juga shootdodge, jadi ceritanya si Max ini loncat ke arah yang lu arahin, trus waktu dia loncat tu, dia bisa nembak sambil slow motion. Ya lebih cepet dari bullet time (baca: tembak-tembakan dipelanin), skill slow motion Max yang lain, tapi lumayan lah, karena gk ngabisin skill. Shootdodge ini menurut gue juga lumayan guna, terutama waktu tingkat kesusahan gamenya udh mulai ngayal (1 tembakan pake pistol darah langsung tinggal secuil), karena skill bullet time gk terlalu banyak dan cepet habisnya. Shootdodge gk ngabisin skill, lho! *TING*

Gue setuju klo musuh-musuh di game ini, makin jauh cerita lu, makin sakit senjatanya. Mereka juga makin akurat (baca: tidak goblok) dan gue waktu main di level kesusahan yang lebih tinggi, harus sering-sering berlindung dibalik berbagai benda (kursi, meja, tembok, koper, iye sumpah koper). Anggeplah waktu di level-level awal mereka biasa pake pestolan dan SMG (baca: pestolan derrrrrrrrrrrrt). Di level-level akhir mereka pada pake assault rifle (baca: senapan ret-tet-tet-tet), LMG (baca: senapan ret-tet-tet-tet gede), dan shotgun (baca: senapan bum-chk-chk) . Pistol mereka sekarang? Desert Eagle dan revolver Raging Bull (ya, ceritanya ni pistol yang bisa bikin nyawa lu tinggal secuil) Dan mereka, seperti yang gue katain sebelumnya, tidak goblok. Kadang-kadang kalo lu kelamaan berlindung dan gak gerak, mereka bisa ngide dan main bokong ke lu. Kudu hati-hati, bungs

Ceritanya sih menurut gue lumayan. Jalan ceritanya emang rada klise menurut gua, tapi mereka menyajikan setiap potongan cerita dengan sangat baik. Perasaan, atmosfer, dan emosi dari setiap level permainan sangat kena terhadap pemain.   Gue suka sama (woy gak homo woy) si James McCaffrey yang nyuarain Max Payne, cara dia menggambarkan keadaan di sekitar dia (tembak-tembakan, bunuh-bunuhan, bacok-bacokan) dengan ngomong sendiri kek orang gila sangat kerasa. Suara-suara sarkasme, ejekan, dan ironi sangat terdengar dari dirinya sendiri ketika mengomentari lingkungan sekitarnya. Bahkan ejekan-ejekannya, terutama terhadap dirinya sendiri, kadang kedenger koplak, meskipun gak bikin ngakak. 

Dalam hal atmosfer, maksudnya adalah latar. Misalnya di level-level yang bertempat di Sau Paulo, Brazil, bahkan teks terjemahan pun tidak menerjemahkan apa yang orang-orang lokal omongkan (orang Brazil biasa pake bahasa Portugis), sehingga kita sebagai pemain juga sama tidak mengertinya dengan Max terhadap mereka. Bagaimanapun, kadang-kadang gue alt+tab tu game buat buka google translate biar gue ngerti dikit. Yang lainnya adalah, meskipun grafik laptop gue rada rendah, suasana dan pemandangan dari setiap level sangat bagus dalam detail dan desain. Kagak terlalu luas (jadinya lu ditembakin dari mana juga gk tau) atau terlalu sempit (sekali ketemu langsung masalah siapa yang nembak duluan).

Jadi, 'mangnya ni game emang beneran bagus? Yah menurut gue EMANG BENER BAGUS, bahkan aspek-aspek yang terkadang menyebalkan, yaitu efek kamera yang bikin pusing biasanya, gk terlalu gue peduliin. Dan semua peluru yang bersarang di lawanmu terasa sangat memuaskan dan sangat bikin lu lega (atau gue yang rada psikopat ngomong beginian ya... *JENGJENGJENGJENG*). 


NILAI: 96/100 (SINGLE PLAYER) B-)      

Tolong kasitau gue klo ada salah ato perlu peningkatan kwalitas, karena ini post pertama gue dan gue yakin ngelakuin banyak kesalahan. 

Until the next post, bungs!! :D

No comments:

Post a Comment

SEE YA LATER SPACE COWBOY: Sebuah Update (lagi).

Hey, you. You're finally awake! You're trying to find a new post on this blog, right? Then found nothing, just like the rest of us ...